Perangkat keras dan perangkat
lunak komputer
1.
Pengertian input-output device
a.
Input Device
Input adalah
data yang dimasukkan ke computer agar bisa diproses. Input mencakup instruksi
program yang diterima CPU setelah ada perintah dari pengguna. Perangkat keras
input terdiri dari piranti yang mampu menerjemahkan data ke dalam bentuk yang
bisa diproses computer. Bentuk data yang bisa dibaca manusia berupa kata-kata
sedangkan data yang bisa dibaca computer berupa angka biner 0 dan 1.
b.
Outpud Device
output menunjuk
pada hasil pemrosesan, yaitu informasi yang terkirim ke layar atau printer,
untuk disimpan, atau dikirim ke computer lain di jaringan.
Perangkat
keras output terdiri dari piranti yang bisa menerjemahkan informasi yang
diterjemahkan yang diproses oleh computer ke dalam bentuk yang mampu dipahami
oleh manusia.
2.
Alat input dan output device
a.
Alat input
Alat-alat yang
berfungsi memasukan data atau perintah kedalam komputer disebut alat
input .Contoh dari alat input antara lain:
·
Keyboard
Keyboard.Berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi
user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang
diperlukan..Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik
yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, dan
pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard
sekarang yang kita kenal memiiiki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2,
usb, dan wireless. Data atau perintah dapat dimasukkan ke dalam komputer
melalui keyboard.
·
Scanner
ScanerScanner
adalah alat yang berfungsi untuk mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang
kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori computer selanjutnya,
disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.
·
Mouse
Mouse
Berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursosr secara cepat serta
mengatur posisi kursor di layar.mouse mulai digunakan secara maksimal
sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil
di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Mouse terdiri atas
beberapa port, yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb, dan wireless.
·
Mic (Microphone) dan
Headphone
Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan
dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan microphone, kita
dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan
pada saat chatting. Penggunaan microphone memerlukan perangkat keras lainnya
yang berfungsi untuk menerima input suara, yaitu sound card dan speaker untuk
mendengarkan suara.
·
Light pen
Light pen digunakan dengan skrin komputer yang
peka cahaya. Apabila pen digerakkan satu isyarat elektronik akan dihantar ke
satu kabel tipis yang terhubung dengan komputer kemudian gerakan tersebut akan
ditangkap oleh program. Light pen digunakan dalam bidang reka bentuk
pengeluaran atau CAM (Computer Aided Manufacturing).
·
Joystick
Joystick
merupakan peralatan input tambahan untuk mempermudah pengguna komputer dalam
melakukan permainan di komputer. Pada joystick ini terdapat beberapa tombol
yang digunakan untuk mengatur serta mengendalikan gerakan objek di monitor.
·
Dll.
b.
Alat output
Alat output
adalah alat-alat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan
informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer
merupakan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer. Informasi
yang diteruskan oleh komputer melalui perangkat output dapat berupa tampilan di
layar, hasil cetakan, suara, dan sebagainya.
- · Monitor
Monitor
merupakan alat keluaran yang memberikan tampilan visual kepada pengguna
komputer. Kita dapat melihat apa yang sedang dilakukan oleh program atau
komputer di layar monitor.
Komputer
membuat tampilan teks, bilangan, atau gambar dengan cara menggabungkan
elemen-elemen kecil yang disebut dengan pixel atau sering juga disebut pels.
Makin banyak pixel dari sebuah tampilan teks, bilangan, atau gambar, makin baik
tampilan tersebut.
Tampilan di layar monitor diukur dengan satuan pixel.
Tampilan di layar monitor diukur dengan satuan pixel.
·
Printer
Ketajaman
hasil cetakan diukur dengan satuan dpi atau dot per inch atau banyaknya titik
dalam satu inci. Makin tinggi dpi dari sebuah printer, akan makin tajam cetakan
yang dihasilkan.Kecepatan mencetak diukur dengan satuan ppm atau page per
minute atau halaman per menit. Makin tinggi ppm sebuah printer maka makin
banyak halaman yang dicetak dalam satu menit, atau makin cepat proses
pencetakan.Printer dihubungkan dengan komputer melalui kabel USB
Printer
adalah perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer
ke dalam bentuk kertas. Cetakan tersebut dapat berupa dokumen, gambar, maupun
dokumen yang disertai dengan gambar.
·
Speaker
Speaker
merupakan perangkat keluaran yang menghasilkan suara, di mana suara tersebut
sebelumnya telah diolah dalam sound card (kartu suara). Speaker-speaker yang
ada di pasaran sekarang telah menggunakan 6 speaker berikut satellite dan 1
subwofer untuk menghasilkan tata suara yang optimal.
SISTEM
OPERASI
1.
PENGERTIAN
SISTEM OPERASI
Sistem
operasi atau operating system ( OS) adalah perangkat lunak sistem yang bertugas
untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi
dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program
pengolah kata dan multimedia.
Dengan
kata lain sistem operasi merupakan software pada lapisan pertama yang ditaruh
pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software
lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan
layanan inti umum untuk software-software tersebut. Layanan inti umum yang di
maksud seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka
user.
Contoh
Sistem Operasi :
1.
Produk Microsoft : Windows 3.1,
Windows 95, Windows 98, Windows 2000, WIndows Me, WIndows XP, Windows Vista,
WIndows NT (untuk jaringan).
2.
Produk Novel : Linux, Redhat,
OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
3.
Produk Apple : Macintosh
4.
Produk IBM : DOS, UNIX
2.
PROGRAM
BANTU
Program
Bantu merupakan suatu program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi
komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data
dan sebagainya. Program jenis ini tidak banyak melibatkan pengguna dalam
penggunaannya, tetapi bekerja sendiri sesuai dengan perintah dan fungsinya.
Contoh program bantu yaitu Anti Virus, Backup , Disk Defragmenter, dsbnya.
Contoh program bantu yaitu Anti Virus, Backup , Disk Defragmenter, dsbnya.
3.
PROGRAM
PAKET
Program
paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan
untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang
paling terkenal adalah Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program
untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka ( Microsoft Excel),
Untuk Program Presentasi ( Microsoft Power Point) dll.
Dilihat
dari bidang pekerjaan yang ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:
1. Aplikasi perkantoran, misalnya : Microsoft Office dan StarOffice
2. Aplikasi database, misalnya : oracle dan SQL Server
3. Aplikasi grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw
1. Aplikasi perkantoran, misalnya : Microsoft Office dan StarOffice
2. Aplikasi database, misalnya : oracle dan SQL Server
3. Aplikasi grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw
4.
Program
Aplikasi
Program
aplikasi merupakan program yang di buat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk
penjualan di supermarket, untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak
kuitansi, mengedit foto, dan sebagainya
Sumber
Ø http://prasetyodwiputra.blogspot.co.id/2014/11/perangkat-input-dan-output-pada-komputer.html?m=1http://12650039-imk.blogspot.co.id/2012/12/piranti-imput-dan-output-pada-komputer.html?m=1
0 comments:
Post a Comment